Trip to Singapore (Jalan-jalan yang dihantui urusan kuliah) ꒪ȏ꒪



Hai semunya, kali ini gue akan membagi kisah perjalanan gue ke singapore. Kisah ini masih ada hubungannya sama postingan curhatan semester ke 7 gue, jadi kalo misal ada yang belum baca kalian bisa baca di sini : click here ٩̯۶ .

Jadi dulu gue pernah baca salah satu tulisan salah satu profesor di Universitas Indonesia yaitu Rhenald Kasali. Beliau membuat tulisan dimana intinya menganjurkan mahasiswanya untuk mencoba melakukan perjalanan ke luar negeri seorang diri supaya mahasiwa tersebut bisa mendapatkan pelajaran hidup dan pengalaman baru dimana mahasiswa tersebut akan belajar berani dan mandiri untuk dapat bertahan hidup di negeri orang (untuk sementara waktu) dan semuanya berawal dari sini.


Pada awal masuk ke universitas brawijaya, setiap mahasiswanya diberikan tugas ospek untuk membuat sebuah life mapping dirinya selama 4 tahun berada di universitas brawijaya. Cukup banyak target yang gue buat di life mapping tersebut karena gue salah satu orang yang kalo berkhayal itu suka keterlaluan, haha. Tapi toh gpp, gue gue ini yang berkhayal, masa bodo dengan pendapat orang lain, wkwk. Salah satu khayalan gue di life mapping adalah bisa keluar negeri sebelum gue lulus dari UB dan itu tanpa biaya dari orang tua. Entah itu dari beasiswa, pertukaran pelajar, hasil ngumpulin uang sendiri atau mungkin menang undian berhadiah ??? wkwk. Setelah tugas itu berhasil gue buat dan masa ospek berakhir, berjalanan lah kehidupan kuliah gue yang luar biasa aja.

Tapi pada akhirnya, seiring berjalannya masa perkuliahan, gue sering sekali melewatkan kesempatan buat dapet beasiswa atau kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri karena gue merasa kurang percaya diri (peruma mimpi tinggi-tinggi). Padahal hampir setiap waktu luang kuliah gue selalu cek berita terkait beasiswa sambil ngayal berangkat kesana dan menikmati indahnya pemandangan disana, wkwk. Tapi alhamdulillah ditengah rasa-rasa ketidak percayaan diri ini, gue bisa mendapatkan salah satu beasiswa untuk mahasiswa berprestasi berupa uang tunjangan gitu. Nah uang itu gk pernah gue pake buat beli apa-apa. Selalu gue simpen dengan satu tujuan yaitu kalo emang gue gk sanggup buat pergi keluar negeri dengan beasiswa langsung gue bisa pakai uang ini.


Pada saat ini ketika sudah masuk semester 6 yaitu bulan Maret 2017 gue lagi iseng-iseng chattingan sama temen rumah gue (tetangga di bekasi) gimana kalo kita coba jalan-jalan ke luar negeri ? Kayaknya seru. Wah ide yang bagus ujar gue. Akhirnya kami mulai deh cari-cari tiket murah, pengennya sih ke Jepang, tapi gimana ya ... Negara impian gue itu masih berasa unreachable buat gue dari segi finansial, wkwk. Akhirnya gue sama temen gue memutuskan untuk ke Singapore karena dapet tiket murah banget yaitu Rp.514.000 buat pulang pergi dari JKT-SIN – SIN-JKT tanggal 23 Januari 2018, hha. Akhirnya gue pesen deh tiket itu dan waktu pun berlalu.

Tak terasa sudah bulan Desember 2017 aja dan gue belum urus buat paspor dan gue sangat disibukan dengan yang namanya skripsi (pejuang kuliah 3,5 tahun, hhe). Dengan segala kesibukan akhirnya sampe awal januari gue belum sempat buat paspor juga. Pada saat itu sistem pembuatan paspor sudah menggunakan booking online jadi kalo mau buat paspor harus booking dulu di tanggal tertentu melalui web atau aplikasi. Sialnya kuota bulan januari untuk kantor imigrasi malang dan surabaya sudah penuh sampe tanggal 28 Januari 2018 (lah kalo gini mah udah lewat dari tanggal keberangkatan (﹏ヽ).

Setelah gue cek berulang-ulang ternyata kantor imigrasi terdekat yang masih ada kuotanya itu ada di Jember dan tanggal 8 Januari 2018 dan kalian tau ? Gue dihadapi dua pilihan berat. Kalo gue memilih buat berangkat ke Jember saat itu juga gue gk akan bisa ikut semhas-sidang untuk semester itu (Semester 7) karena urusan pendaftaran gue belum selesai. Kalo gue gk ke jember kandas sudah impian gue ke singapore, selain udah pesan tiket pesawat gue juga udah pesan hotel (TT). Gue galau banget pas malam tanggal 6 Januari. Gue udah bilang ke temen gue yang mau nebeng dia pulkam ke jember buat bikin paspor, dia mau berangkat tanggal 7 pagi. Sampe pada akhirnya gue gk bisa tidur, wkwk.

Akhirnya saat sebelum subuh gue memutuskan untuk tidak ke jember dan melanjutkan perjuangan gue lulus 3,5 tahun. Terus ke singaporenya gimana dong ? (Gue masih berharap ada mukjizat datang, wkwk). Ternyata ... saat gue cek pagi-pagi tanggal 7 Januari, kantor imigrasi ngebuka kuota antrian baru di tanggal 10 Januari. Gue langsung sujud syukur disitu ngucap alhamdulillah, gue langsung inget setiap sholat itu gue sering baca surat Al-Insyirah sambil menghayati arti di salah satu ayatnya yaitu, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Dari jaman SMK ketika gue kesulitan pasti baca surat ini, hhe).

Jadi akhirnya gue dapet jadwal wawancara di imigrasi tanggal 10, dan gue bisa tenang ngurus semhas-sidang gue. Tapi ternyata emang tantangan itu selalu ada buat orang-orang yang sedan berproses, hhe. Ternyata jadwal semhas gue barengan sama jadwal wawancara di imigrasi yaitu tanggal 10 Januari 2018. Alhasil gue agak galau, tapi masih agak sih, karena jadwal wawancara itu jam 9:30 dan jadwal semhas 15:00. Disitu gue kira wawancaranya cepet, ternyata ngantrinya lama. Sampai-sampai jam 13:45 itu gue baru dipanggil. Disitu pas ditanya-tanyain gue langsung motong pertanyaan bapak-bapak imigrasinya. “Pak bisa dipercepat ngga ? saya ada ujian buat kelulusan _”. Untungnya bapaknya bisa diajak kompromi, tanpa tanya macem-macem gue langsung disuruh foto. Alhasil terlihat muka tegang di foto gue dan bapaknya nannya, mau diulang ? Gue bilang “Udah Pak gk usah, emang udah begitu mukanya, wkwk”.

Ternyata gue selesai wawancara di imigrasi itu sekitar pukul 14:05 dan perjalanan dari kantor imigrasi ke kos itu sekitar 30 menit. Kondisi saat itu hujan deras, akhirnya gue memutuskan memesan ojek online buat balik ke kos dan akhirnya gue selamat sampai kos pukul 14:35 gue siap-siap dan waktu sudah menunjukan 14:45, perjalanan kos ke kampus sekitar 15 menit, jadi pas banget jam 15:00, wkwk. Tapi untungnya gue dijemput temen di kos jadi bisa lebih cepet karena naik motor. Sampai disana 5 menit lagi jam 15:00 dan ternyata ... jadwalnya molor karena anak semhas yang pakai ruangannya sebelum gue molor masuk ruangannya. Alhasil gue nunggu lagi sekitar 45 menit. Udah di imigrasi nunggu sekitar 5 jam, tambah lagi disini nunggu 45 menit, lelah saya nunggu mulu ( ̄ ̄;). Pada akhirnya semhasi berjalan lancar sampai dengan sidang kisanya bisa dibaca di cerita sebelumnya, hhe.


Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun datang, tanggal 23 Januari 2018 yaitu keberangkatan gue ke singapore, horee ...., hhe. Tapi ... disini gue masih ninggalin satu hal penting yaitu daftar yudisium dan pelaksanaan yudisium itu sendiri. Karena gue udh beli tiket dari tahun lalu gue gk mempertimbangkan hal ini, jadilah gue menitipkan urusan pendaftaran yudisium ke temen baik gue yang selalu bantu gue, haha. Untuk urusan acara yudisium itu sendiri gue udah tanya-tanya ke kakak kelas yang pernah izin gk ikut yudisium karena magang ke jepang (jadi pengen) dan kata dia boleh kok gk ikut yudisium asal ada izin dari dosbing. Jadilah gue berangkat dari bandara malang naik pesawat termurah yaitu lion air (kondisi uang menipis, wkwk). Untungnya gue punya kenalan di bandara malang, jadi gue bisa dapet seat di depan biar cepet keluar masuk pesawatnya, makasih ya seatnya udh di prepare, hhe.

Akhirnya gue sampai di bandara soetta dan bertemu dengan temen gue di terminal 3, fyi beberapa menit sebelum gue mendarat terjadi gempa yang ngebuat orang-orang disitu panik termasuk temen gue yang lari ninggalin kopernya, wkwk. Waktu boarding pesawat yang gue naikin pun tiba, gue sama temen gue masuk deh ke pesawat dan akhirnya pesawat pun meninggalkan landasan dan mengudara menuju singapore.

Sesampainya di singapore itu udah malem, hampir kelewat mrt terakhir buat ke hotel untung aja masih dapet. Ketika sudah sampai di stasiun deket hotel, kita bingung mau jalan kemana, gk bisa pakai google maps soalnya kartu perdana masih perdana indo, alhasil kita cari sevel buat beli perdana inet. Tapi ternyata di sevel deket stasiun udah tutup atau sistem pembayarannya lagi error gitu. Jadilah kita bermodalkan peta gratisan buat turis untuk petunjuk jalan, sempet nyasar tapi akhirnya sampai juga, wkwk.

Hari pertama gue di singapore diawali dengan penuh rasa penasaran, gue pengen ngunjungin macem-macem tempat, gk mau di sia-siakan, wkwk. Tapi semua berubah ketika sore hari datang dan gue dapat kabar dari temen gue yang gue mintain tolong urusan daftar yudisum, kata dia kalo gk ikut yudisium SKL (Surat Keterangan Lulus) nya bisa dibatalkan jadi harus ikut sidang lagi. Deg ... langsung galau gue, mana pas itu langit mendung di singapore sana, menambah perasaan galau ini, wkwk. Akhirnya gue ngehubungin pembimbing 1 gue yang juga kaprodi. Alhamdulillah beliau mau bantu dengan membuatkan memo dimana isinya itu memberikan izin untuk tidak ikut yudisium dikarenakan ada tes kerja di singapore, wkwk. Padahal mah belum tes, masih nannya-nannya aja ke sodara gue. Jadi sebenernya sodara gue ada yang kerja disini, salah satu tujuan gue kesini juga buat nannya hal itu gitu.

Alhamdulillah memo pun sudah dibuat dan dititipkan ke teman gue yang ikut yudisium juga. Akhirnya gue bisa merasa sedikit lega karena gk harus sidang ulang lagi dan gue bisa menikmati suasana mendung di singapore yang ternyata gk jauh beda sama di indonesia wkwk. Hari-hari berikutnya berjalan dengan seru salah satu pengalaman lucu adalah ketika gue sarapan sendirian di hotel. Gue didatengin tante-tante dan ngajak gue ngobrol, intinya di bilang ke gue dia baru pertama kali kesini dan sendiri, gk tau jalan (mungkin minta di temenin atau ngajak jalan-jalan bareng, wkwk). Tapi gue pura-pura gk peka aja, gue bilang ke dia kalo bingung mau kemana, di pintu masuk hotel ada brosur sama peta wisata disini ada apa aja sama kalo mau kesana naik apa aja, lengkap informasinya. Gak lama temen gue dateng juga ke tempat sarapan jadi gue ada alasan mau pergi ke temen dulu, wkwk.

Pengalaman lainnya adalah ketika di stasiun mrt itu ada sepasang suami istri keturunan india nannya rute kereta ke gue. Itu jadi pengalaman baru gue karena gue itu agak gugup kalo ngejelasin seuatu pake bukan bahasa indo gitu, kalo yang sama tante-tante tadi mah bahasa inggris seadanya soalnya ngobrol biasa, hha. Alhamdulillah gue bisa jelasin ke mereka dan mereka ngerti, rasanya lega gitu abis ngejelasin, wkwk.


Sebenarnya masih banyak pengalaman disana yang pengen gue ceritain, tapi ini postingan udah kepanjangan kayaknya. Mungkin sampai disini aja kali ya. Atau mungkin nanti ada part 2 nya, haha. Yaudah sekian dulu ya, thanks yang udh mau baca cerita gk jelas ini :v.

No comments:

Post a Comment

Instagram