[Kuliah] Algoritma, Flowchart, Pseudocode (Tugas Pertama Pemrograman Dasar)


Yeah .... Apakabar sobat-sobat blogger ? Sehat kah ?
Mudah-mudahan sehat selalu ya :). Di posting selanjutnya saya mau share tugas pertama untuk mata kuliah pemrograman dasar nih. Mudah-mudahan saya benar-benar jadi programmer ya tidak seperti gambar diatas (Pro Gamers), hha :D

Oke langsung aja tugas kali ini adalah seputar Algoritma, Flowchart dan Pseudocode. Mungkin teman-teman yang suka dengan pemrograman atau memang sudah bergelut dibidangnya tidak asing lagi dengan kata-kata tersebut. Lain lagi untuk yang baru masuk ke dunia pemrograman seperti saya ini (Newbie Progammer >,<). Mungkin sebelum masuk ke tugasnya saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu algoritma, flowchart dan pseudocode.


Pertama adalah "Apa itu Algoritma?"

Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah
(Sumber : Slide Presentasi Dosen Pemrograman Dasar Universitas Brawijaya)

Yang kedua "Apa itu Flowchart?"

Flowchart adalah sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut.
(Sumber : Wikipedia)

Dan yang ketiga "Apa itu Pseudocode?"

Pseudocode adalah deskripsi tingkat tinggi informal dan ringkas atas algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural atas suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan untuk dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin. Kode palsu biasanya tidak menggunakan elemen detail yang tidak diperlukan untuk kebutuhan pemahaman manusia atas suatu algoritma, seperti deklarasi variabel, kode ataupun subrutin untuk sistem yang bersifat spesifik.
(Sumber : Wikipedia)

Nah udah pada baca kan ? Paham engga paham di pahamin dulu aja ya, hhe. Kalo masih kurang jelas silahkan tanyakan pada mbah google :D.


Langsung aja ke tugasnya nih.



  1. Buatlah algoritma menggunakan pseudocode & flowchart untuk menentukan luas persegi panjang.
  2. Buatlah algoritma menggunakan pseudocode & flowchart untuk mengubah jam dan menit yang diinput ke dalam satuan detik
  3. Buatlah algoritma menggunakan pseudocode & flowchart untuk menghitung luas lingkaran
  4. Buatlah algoritma menggunakan pseudocode & flowchart untuk menginput 3 buah bilangan, kemudian tentukan bilangan terbesar, terkecil, dan rata-ratanya
Gimana temen-temen ? Kira-kira terbayang ngga ? Sepertinya engga deh :D. Jujur pertama kali dapet tugas itu ya .. untuk nomor 1-3 cukup mudah. Tetapi untuk yang nomor 4 itu butuh seharian buat memahaminya, hha. Oke langsung aja saya akan share jawabannya dibawah.

Jawaban Nomor 1 


Pseudocode :


Start
Input panjang
Input lebar
Hitung Luas=Panjang*lebar
Cetak "Luas"
Stop

Flowchart :

Jawaban Nomor 2 

Pseudocode :



Start
Input jam
Input menit
Hitung detik=(jam*3600)+(menit*60)
Cetak "detik"
Stop


Flowchart :

Jawaban Nomor 3

Pseudocode :

Start
Input Ï€
Input r
Hitung Luas=Ï€*r*r
Cetak "Luas"
Stop



Flowchart :





Jawaban Nomor 4

Pseudocode :



Start
Input a,b,c
if a>b and a>c then
if b>c then
Cetak "Terbesar a"
Cetak "Terkecil c"
    else
    Cetak "Terbesar a"
    Cetak "Terkecil b"
    end if
  else
  if a>b and a<c then
    Cetak "Terbesar c"
    Cetak "Terkecil b"
  else
  if a<b and a>c then
    Cetak "Terbesar b"
    Cetak "Terkecil c"
  else
  if b>c then
    Cetak "Terbesar b"
    Cetak "Terkecil a"
    else
    Cetak "Terbesar c"
    Cetak "Terkecil a"
    end if
  end if
  end if
  end if
  rata-rata=(a+b+c)/3
  Cetak "rata-rata"
Stop



Flowchart :




Gimana teman-teman ? Mengusikan bukan ? eh Mengasikan, hha. Tugas pertama aja sudah seperti itu .. Apalagi tugas-tugas berikutnya, pasti lebih seru lagi :D
Sebenarnya saya dari algoritma soal nomor 1-4 saya sudah buat program di javanya. Mungkin pada post selanjutnya akan saya share. Istirahat nafas dulu sebentar .. Cukup ribet buat flowchartnya apalagi yang nomor 4 :v.

Sekian post saya kali ini. Jika ada yang salah atau keliru mohon koreksinya. Maklum baru belajar, hhe.

Malang, 22 September 2014

24 comments:

  1. BIsa langsung di ajarain gak kak,,, saya nubi nih,,, lagi semangatnya pengen belajar programming.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh .. Tapi bukan ngajarin .. Belajar bareng aja kakak ... Aku juga masih newbie, wkwk

      Delete
    2. Kapan nih kak ada waktu buat ngajarin??

      Delete
    3. Sms aja bang, hha. Tapi kalo salah harap maklum ye, wkwk.

      Delete
  2. Yang terakhir bingung gue fan -_- , yang 1 - 3 paham , nomer 4 nya ribet banget wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hha, entah soalnya yang ribet atau algoritma gue yang ribet :v. Coba za buat yang simpelnya, pikiran gue mentok sampe situ, wkwk.

      Delete
  3. telat gua belajar beginiannya, flowchart aja baru dibahas. nasib anak sk dah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mau bilang senasib... tapi kenyataanya kita senasib beb :v

      Delete
    2. Sabar aja ya kak .. Aku ngerti perasaan kamu kok, wkwk .. :v

      Delete
  4. Fan utk Cetaknya itu kita bsa msukkin lebih dri 1 variabel utk di cetak dalam 1 kotak kan ? #cengo :v

    ReplyDelete
  5. trimakasih gan infonya,,
    gua juga ada tugas kayak ginian

    ReplyDelete
  6. kak, saya mau diskusi tentang pemrograman sama kakak, boleh ngak kak ?

    ReplyDelete
  7. Start
    Input panjang P(4)
    Input lebar L(5)
    Hitung Luas=Panjang*lebar
    Cetak "Luas"
    Stop

    cara penulisan nya itu langsung aja kan ya gak usah ada kata input lagi?? atau tetep dipake kata input nya.
    mohon penjelasan nya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi input itu biar si user bisa bebas menginput nilai bilangannya mau berapapun, kalau nilainya di isi di variable , yang dihitung sama rumus nya cuman nilai yang udah ada di variable

      Maaf kalo salah itu pendapat saya :)

      Delete
  8. Bang, nentuin flowchart bilangan terkecil dari a,b dan c

    ReplyDelete
  9. sekarang pasti udah jadi master nih yakan kak

    ReplyDelete

Instagram