Pengalaman Mencari Kerja di Ibukota



Halo semuanya, kali ini gue akan menepati janji sebelumnya yang minta vote kalian di instastory kira-kira enaknya posting di blog lagi tentang pengalaman saat kerja di Malang atau pengalaman ketika mencari kerja di Jakarta. Berdasarkan hasil vote tersebut akhirnya terpilih pengalaman ketika mencari kerja di Jakarta. Jadi gue akan menceritakan bagaimana pengalaman ketika mencari kerja di Ibukota. Chek this out ... :D


Pengalaman kali ini berawal ketika mendekati masa akhir kerja di Malang. Jadi, setelah lulus kuliah gue memutuskan untuk bekerja di Malang terlebih dahulu. Keputusan tersebut diambil karena kost gue udah terlanjur di bayar satu tahun dan baru habis di akhir bulan Agustus 2018 jadilah memutuskan untuk kerja di Malang terlebih dahulu. Toh di Malang juga lebih nyaman daripada di Jakarta, hha.

Tidak terasa bulan Agustus 2018 pun datang dan itu berarti adalah bulan dimana masa kontrak kerja gue berakhir. Ada perasaan sedih karena bakalan berpisah sama temen-temen kantor dan juga temen-temen di Malang. Tetapi, namanya juga hidup jadi ya harus terus berjalan. Akhirnya ulailah masa melakukan pencarian untuk tempat kerja baru. Mulai dari tanya kakak tingkat yang sudah duluan kerja di daerah Ibukota sampai ke temen-temen seangkatan yang juga udah dulan kerja disana.

Berdasarkan info dari mereka, akhirnya mulai deh tuh membuat CV, portofolio karya apa aja yang pernah dikerjain dan merapihkan profil LinkedIn serta TechInAsia. Agak dilema juga sebenernya, posisi kerja saat di Malang itu cukup berbeda sama apa yang  dipelajarin di kuliah jadilah gue bingung mau ngelamar kerja di bidang yang dipelajarin di kuliah dulu atau pas kerja di Malang. Kalau melamar di bidang yang sama saat kuliah dulu (embedded engineer) itu lowongannya masih dikit banget untuk di Indonesia, tetapi ada beberapa temen yang kerja di bidang itu di suatu perusahaan startup unicorn Indonesia yang pasti namanya udah unicorn pasti enak kerja disana, hha. Kalau gue melamar di bidang saat kerja di Malang (fullstack developer) –yang lowongannya banyak banget itu– gue merasa ilmunya masih kurang banget jadi jatuhnya kurang percaya diri, hhe.

Akhirnya gue membuat strategi untuk buat dua CV yang satu buat melamar embedded enginner yang satu buat backend developer, loh kok backend ? Iya, tobat fullstack, hha. Mau fokus satu aja dulu dan terpilihlah backend developer. Akhirnya gue apply deh tuh lowongan-lowongan yang ada di techinasia sebagai backend developer dan ke startup yang disebut sebelumnya sebagai embedded engineer. Gue pilih ngelamar di techinasia karena disana lowongannya cukup jelas dan yang paling penting range gajinya di share secara transparan yang mana sebagai freshgraduate yang masih kadang bingung kalau pas interview ditanyain berapa gaji yang kamu mau jadi ada acuan untuk menjawabnya, hha.

Hari pun berlalu hingga masuk ke pertengahan bulan Agustus, ketika itu dapet pesan di LinkedIn dari orang India yang nannyain apakah gue lagi mencari pekerjaan dan gue jawab pesan itu dengan jawaban iya dan basa-basi lainnya, wkwk. Dia minta CV dan gue kirim lah ke LinkedIn dia. Tak lama kemudian gue kaget ada yang nelfon (saat itu lagi kerja di kantor), firasat gue bilang, ini pasti orang India yang tadi dan bener juga. Akhirnya ngobrol lah sama dia lewat telfon pake bahasa inggris, wkwk. Dengan kemampuan listening dan speaking yang ampas percakapan tersebut kebanyakan gue jawab dengan kalimat “sorry, I can’t hear your voice” padahal mah sebenenya denger tapi gak ngerti maksudnya, jadi itu trik biar di ulang sambil mikir, haha. Pada akhir percakapan itu ditawarin interview lebih lanjut di Jakarta, gue tanya deh dibayarin atau engga transport kesananya ? Ternyata mereka engga provide transport, dan akhirnya gue bilang yaudah nanti saya kabarin lagi karena esti mikir dulu. Saat itu status masih kerja jadi harus izin dulu dong. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya gue engga jadi karena mereka itu perusahaan penyalur programmer dimana biasanya kalo kerja lewat situ agak kurang diuntungkan. Setelah itu akhirnya gue memutuskan untuk tidak melamar dulu karena kalo mesti interview ke Jakarta sepertinya agak susah.

Hari demi hari pun berlalu dan akhirnya tiba hari dimana gue harus meninggalkan kota Malang yaitu Rabu, 5 September 2018, sehari sebelumnya juga udah pamit ke temen-temen kerja dan temen-temen di Malang. Gue pun terbang pergi meninggalkan kota penuh kenangan selama 4 tahun berada disana (jadi melankolis gini, hha). Akhirnya gue tiba di rumah siang hari itu juga. Tanpa berlama-lama malam harinya langsung ngelamar-ngelamar lagi di beberapa perusahan melalui techinasia dan ada satu lagi dapet info dari temen kalau salah satu perusahaan sales makanan yang cukup besar di Indonesia membutuhkan programmer gitu. Yaudah gue coba juga. Tidak disangka-sangka keesokan harinya langsung dapet undangan interview. Satu di perusahaan startup yang alhamdulillah jadi tempat sekarang gue kerja dan perusahaan sales makanan yang disebut sebelumnya. Untuk yang startup diundang hari esoknya yaitu hari Jumat (dalem hati gue cepet banget) dan untuk perusahaan satunya hari senin.

Jumat pun tiba, dan gue datang ke tempat janjian interview disalah satu coworking space daerah Jakarta, disana ketemu dengan CEO startup tersebut yang kebetulan juga orang India, hha. Sewaktu sesi interview ditanyain beragam hal mulai dari yang ada di CV sampai akhirnya di tes coding. Padahal sewaktu itu dia bilangnya interview doang, yaudah untung bisa ngerjain karena soalnya masih masuk akal, wkwk. Pada saat kesempatan gue bertanya, gue tanya deh banyak hal dan ternyata startup itu bener-bener baru mau mulai, saat itu dia baru berdua sama UI/UX Designer, wkwk. Tapi berdasarkan apa yang gue dapat dari diskusi itu sepertinya ide dia hebat juga kalo bisa di realisasikan. Sesi interview hari Jumat pun selesai. Gue merasa cukup cocok sama orang tersebut karena kami seumuran, pengalaman dia keren-keren (kuliah di hongkong, magang di kanada, kemarin pas gue baru kerja 2 hari eh ditinggal dia ke US buat conference, hha). Lalu dia bilang gue akan dihubungi lagi hari Senin.

Hari Senin pun datang, hari itu gue ada janjian interview di perusahaan satunya yaitu perusahaan sales makanan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Sewaktu gue sampai di kantornya yang gue rasain nyaman, standar kantor perusahaan besar lah, tapi kayaknya culture kerja disana agak kaku gitu. Akhirnya jam interview pun tiba, gue pun dituntun menuju ruangan (bukan di tuntun dipeganin pakai tangan ya, wkwk). Dan terjadi lagi kisah lama yang terulang kembali, ternyata gue dikasih 10 soal dulu sebelum interview katanya mau tau kemampuan gue dulu, wkwk. Padahal mereka pas gue tanya ada tesnya ngga ? mereka bilang interview aja. Yaudah gue kerjain dah tes tersebut yang didominasi dengan soal query database menggunakan Oracle dimana terakhir kali gue pake oracle itu 2 tahun yang lalu, haha. Gue jawab seadanya deh. Lanjut ke sesi interview gue ditanya banyak hal mulai dari kegiatan kuliah, skripsi, lomba, projek, kerjaan dikantor sebelumnya, teknologi saat ini dan lainnya yang alhamdulillah masih bisa gue jawab dengan kemampuan seadannya ini. Akhirnya sesi interview pun selesai dan mereka bilang akan menghubungi lagi untuk lanjut ke interview HRD.

Senin malam pun tiba dan benar aja gue dikirimin employment offer dari perusahaan startup yang interview di hari jumat. Isi surat tersebut sudah sesuai banget dengan apa yang didiskusiin waktu hari jumat. Disini gue seneng banget dong karena diterima tapi disatu sisi gue galau juga. Galaunya adalah ketika gue dapet waktu seminggu buat meninjau dan memikirkan offer tersebut. Gue dapet tawaran dari berbagi macem perusahaan salah satunya dari startup unicorn di Indonesia di bidang perjalanan. Satu lagi ada startup juga dibidang shopping reward yang udah dapet pendanaan, jadi ... (ya tau sendiri lah kalo udah unicorn dan pendanaan duit mereka pasti banyakan) mereka nawarin gaji yang engga main-main, udah nyentuh 2 digit. Di satu sisi lagi gue merasa tertantang buat gabung sama perusahaan ini (yang udah ngirim employment offer) karena bener-bener bakalan mulai dari 0 jadi gue bisa tau gimana prosesnya, siapa tau kedepannya gue juga bisa buat startup dan jadi unicorn di Indo bahkan di dunia, hhe.

Akhirnya selama seminggu gue bertapa memikirkan plus minusnya, keputusan gue tetap pada pilihan pertama gue, dan ada sekitar 7 perusahaan yang gue kirimin permintaan maaf karena belum bisa bergabung dengan mereka (biar engga dibilang sombong semua email, sms dan chat mereka gue bales dengan permntaan terima kasih dan maaf), wkwk. Hal yang gue palajarin disini adalah kalau lu mau kerja dibidang IT sepertinya nyoba ngelamar di techinasia adalah pilihan yang tepat, disana biasanya fast response dan gajinya bener-bener transparan. Jadi lu yang bingung mau ngajuin berapa bisa ada acuan. Untuk yang bidang non-IT bisa juga dicoba, karena baru baru ini juga sudah banyak bermunculan lowongan non-IT disana.

Pesan gue buat semuanya yang sedang mencari kerja jangan mudah menyerah, perbaiki CV kalian dan buat semenarik mungkin, jangan lupa berdoa dan minta doa sama orangtua dan jangan takut buat mencoba walaupun skill kalian biasa-biasa aja. Gue aja nyoba ngelamar ke tempat yang minta pengalaman kerja 1 tahun + toh nyatanya masih bisa lolos kualifikasi tapi engga gue ambil, wkwk. Selain itu jangan juga takut ditolak atau engga dianggep. Gue juga ngalamin kok, hha. Itu perusahaan yang gue daftar buat jadi embedded engineer engga ngehubungin-ngehubungin gue sampai sekarang :v.

Jadi itulah sedikit kisah gue sewaktu mencari kerja di Ibuka. Saat ini zaman udah canggih jadi kita engga perlu tuh cari kerja ngantri-ngantri lagi, cukup klil-klik di rumah aja, hhe. 

No comments:

Post a Comment

Instagram