[Curhat] Semester 7 Part 1


Hai semuanya …. :). Udah lama ya ngga posing lagi di blog ini. Terakhir kali pas selesai semester 3 dan sekarang sudah selesai semester 7 aja, hhe. Empat semester sudah berlalu ya … ngga terasa :). Jadi pada kesempatan ini gue mau nulis lagi nih, mau curhat. Gue bakalan cerita tentang bagaimana semester 7 gue dimulai, bahkan sebelum semester 7 gue dimulai, yaitu pas gue magang sampe semester 7 gue berakhir. Karena jadinya panjang banget gue buat 2 part yaitu part magang (Part 1) dan part skripsi (Part 2), wkwk.

Yaudah langsung aja deh ya …

Juni – 2017 (UAS Semester 6 dan Daftar Magang)
Bulan itu merupakan bulan di akhir semester 6 buat gue dan angkatan gue. Waktu itu lagi sibuk-sibuknya buat persiapan menghadapi UAS dan untuk yang ingin magang/pkl di liburan semester 6 mereka juga harus mengurus berbagai macam hal (berkas-berkas) buat daftar magang, begitu juga dengan gue. Dengan segala kerumitan itu akhirnya gue dan temen-temen kelompok magang memutuskan pilihan untuk magang di PT.Wika yang tempatnya di Jakarta. Gue magang disana bareng Bagus, Mukmin sama Yandra. Gue sekelompok sama Yandra dan Bagus sekelompok sama Mukmin. 

Satu hal yang paling gue inget di akhir semester 6 itu adalah projek akhir dari matakuliah Metodologi Penelitian TI. Dimana idealnya projek akhir dari matakuliah itu akan dipakai buat mengajukan proposal skripsi, tapi emang dasar gue bukan mahasiswa ideal jadinya gue ngebatalain itu proposal yang udah disetujuin sama salah satu dosen di jurusan gue, sebut saja Pak W (maaf ya Pak, saya tidak bermaksud menolak, hhe). Padahal gue punya impian buat lulus di semester 7 tapi gue malah ngebatalin itu pra-proposal karena gue ngerasa engga sanggup buat ngerjain penelitian tersebut. Udah nyerah sebelum bertarung, wkwk.



Juli s/d September – 2017 (Magang, Lomba, Proposal Skripsi)
Akhirnya setelah selesai UAS di semester 6 dan libur lebaran, gue dan kelompok magang gue memulai kegiatan magang, tepatnya pada tanggal 17 Juli 2017. Sewaktu hari pertama magang kami langsung dikasih tugas buat debug mobile apps yang dipake di perusahaan itu. Kalo buat Bagus, Mukmin sama Yandra mah mungkin mereka punya sedikit bayangan karena mereka udah ambil matakuliah yang namanya perangkat bergerak yang mempelajari mobile apps khususnya android. Sedangkan gue? Matakuliah itu belum pernah ambil. Terus aplikasi Android Studio juga belum pernah install. Jadi gue mesti struggle di hari-hari awal, haha. Belajar dari nol tentang mobile apps android.

Hari demi hari berlalu, tugas demi tugas kami jalanin dengan suka-cita, wkwk. Mulai dari ngoding, input data ke database, normalisasi data yang jumlahnya ratusan mungkin sampe ribuan dengan manual (ini yang paling bete) sampai nganggur-nganggur youtube-an, wkwk. Sampe akhirnya pada suatu hari kami dapat kabar kalo lolos salah satu lomba IoT di Padang yaitu di Universitas Andalas yang mana itu udah daftar dari sebelum semester 6 berakhir. Jadi mau engga mau harus izin magang selama seminggu buat dateng ke acara final lomba tersebut. Alhamdulillah izin magang waktu itu engga sia-sia, kami berhasil membawa pulang juara kedua :).

Setelah selesai lomba kami melanjutkan kegiatan magang lagi sampai pada saat dimana gue baru sadar kalo batas akhir unggah proposal skripsi udah sebentar lagi. Gue bingung karena sebelumnya gue ngebatalin pra-proposal yang udah disetujuin sama Pak W,wkwk. Pada saat itu Bagus, Mukmin sama Yandra udah lumayan jelas dengan proposal skripsi mereka, jadinya mereka tinggal ngerjain aja tuh proposal di tempat magang. Nah, gue? Gue tetep gk jelas, wkwk. Pada akhirnya gue ngeberaniin diri izin sama pembimbing PKL buat balik ke malang untuk konsul sama dosen dan alhamdulillah dikasih izin.

Sewaktu gue balik ke Malang, gue engga serta-merta main balik-balik aja, gue sebelum balik udah ngehubungin dua dosen buat janjian ngajak konsultasi. Sebut saja Pak A dan Pak S yang kebetulan Kaprodi gue. Waktu sebelum balik ke Malang Pak A sudah menawarkan sebuah topik sedangkan Pak S baru janjian konsultasi aja. Akhirnya gue sampe Malang dan ketemu Pak A sewaktu gue ngobrol (konsultasi) ternyata topik skripsi yang ditawarin beliau ada suatu faktor yang ngebuat itu topik kurang layak dijadikan skripsi dan akhirnya gue ditawarin topik lain, tapi menurut gue sulit jadi gue mikir-mikir lagi (mahasiswa cari aman), wkwk. Setelah itu gue pun ke Pak S, disana gue malah curhat bilang kebingungan, waktu ke Pak A udah dijanjiin topik x ternyata karena kurang layak terus diganti ke topik y dan banyak hal lain gue curhatin, wkwk. Pada akhirnya gue berdua searching-searching di google bareng buat nyari topik yang unik, beliau suka yang unik-unik dan akhirnya dapet suatu topik terus gue terima karena menurut gue masih dalam jangkauan gue, hhe. Akhirnya gue balik lagi ke Jakarta dan ngerjain tuh proposal sampe pada hari terakhir pengunggahan proposal gue di chat sama Pak A, beliau nannya bagaimana perkembangan proposal gue dan gue baru sadar belum ngasih kabar beliau kalo gue engga jadi, wkwk. Parah banget ya gue. Jujur deh dua dosen itu baik-baik semua, gue jadi merasa engga enak sama Pak A. Akhirnya gue minta maaf ke beliau dan bilang kalo jadinya ambil topik skripsi yang lain dan sama dosen lain. Pada akhirnya kegiatan magang gue selesai dan proposal skripsi gue berhasil di unggah.



September s/d Desember – 2017 (Kuliah, Laporan PKL dan Skripsi)
Akhirnya kegiatan PKL pun selesai di tanggal 17 September dan gue baru sampe di Malang tanggal 20-nya. Perjuangan tahap selanjutnya pun dimulai. Hari demi hari berlalu dimana tiba-tiba udah UTS aja, hha. Semester ini bisa dibilang semester tergreget gue, karena gue ambil skripsi, pkl dan 4 mata kuliah dengan total 22 sks. Padahal temen-temen gue yang ambil skripsi semester ini rata-rata cuma ambil 1 matkul aja, hha. Disini gue mulai keteteran karena harus bertanggungjawab di kuliah, tugas, projek, laporan pkl dan skripsian. Alhamdulillah untuk kuliah, tugas, dan skripsi hinggal P1 lancar, tetapi tidak untuk laporan PKL dan skripsi setelah proses P1. FYI aja kalo tahap skripsi di Fakultas gue Filkom UB itu mulai dari Pra-Proposal->Proposal->P0->P1->P2->Semhas->Sidang

Balik lagi ke laporan pkl dan skripsi. Jadi gue udah buat laporan pkl sama temen sekelompok gue dan sudah di acc sama dosen pembimbing gue yang baik hati yaitu Pak R, hhe. Tapi pas minta TTD ke ketua jurusan yaitu Pak T itu kena revisi terus sampe-sampe pada saat-saat terakhir baru acc dan jilid, itu jadi beban pikiran banget karena udah bener-bener mepet sama tanggal deadlinenya, haha. Alhamdulillah laporan PKL selesai jadi tinggal UAS dan proses skripsi P2 sampai sidang. Jadi ... pada saat minggu menjelang UAS ada pengumuman bahwa absensi dibawah 80% dilarang mengikuti UAS, waktu gue ngecek absensi ternyata gue baru inget kalo gue belum ngurus izin buat pkl, hahaha ... Bodohnya. Disitu mulai panik deh, tapi tetep pura-pura tenang. Akhirnya gue ngurusin itu dan ternyata kata orang pengajaran kalo izin pkl itu bisa diterima ketika di urus paling maksimal seminggu setelah pkl selesai. Nah ini udah berapa bulan fan ... kemana aja, wkwk. Akhirnya dengan perjuangan, minta izin kesana kesini sampai ke wakil dekan, Alhamdulillah gue diizinin ikut UAS. 

Selanjutnya adalah proses skripsi P2, dimana proses ini bisa dibilang gerbang menuju sidang. Soalnya abis P2 ini langsung daftar semhas dan sidang. Nah pas P2 ini alhamdulillah alat gue udah bisa berfungsi sebagaimana mestinya, tetapi untuk laporan skripsinya bab 4 aja masih baru judulnya, padahal masih ada bab 5, 6 sama 7. Alhamdulillah P2 pun berlalu dengan lancar yaitu mempresentasikan alat yang gue buat berserta semua pengujian-pengujiannya. Waktu demi waktu pun berlalu sampai pada akhirnya tiba liburan tahun baru. Nah waktu liburan ini keluarga gue berencana liburan ke solo, bukan cuma keluarga gue tapi beberapa sodara gue juga kesana. Jadilah gue galau, mau ngerjain skripsi di kos aja atau liburan sekalian ngerjain skripsi (wacana, haha). Akhirnya gue milih opsi kedua dan bener aja, ngerjain skripsi hanya menjadi wacana, wkwk. Akhirnya setelah selesai liburan itu gue balik ke malang dengan hasil laporan skripsi tanpa progress.

PART-2 Here ....

No comments:

Post a Comment

Instagram