[Curhat] Semester 7 Part 2



Januari – 2018 (P2, Semhas, Sidang, Yudisium)
Setelah pulang dari liburan, yaitu tanggal 2 Januari 2018, sebenernya gue udah janjian sama Bu H yaitu dospem 2 gue kalo mau bimbingan laporan skripsi yang udah full version, tapi itu hanyalah wacana. Sekembalinya gue dari liburan itu gue sakit selama 2 hari :( . Disitu laporan skripsi gue bener-bener engga ada progress sama sekali. Hingga akhirnya tanggal 4 gue memberanikan diri ke kampus dimana itu udah H-2 pendaftaran semhas dan sidang. Gue ke kampus bukan buat konsul laporan skripsi yang udah final malahan curhat ke dosbing 1 bilang kalo mau menyerah untuk menyelesain skripsi semester ini (parah ya ... ? Disini akhirnya gue tau gimana galaunya skripsian dikarenakan berbagai macam faktor). Setelah selesai curhat dengan berbagai macam alasan, akhirnya dosen gue tidak setuju dengan keputusan gue yang mau menyerah. Beliau bilang “sudah kerjain aja dulu, masih ada 2 hari” dan akhirnya gue pun balik ke kos tanpa ke dosbing 2. Pas di kos gue malah galau. Tapi pada akhirnya gue mengesampingkan pikiran-pikiran negatif gue dan mulai ngerjain, pokoknya ketik aja udah apa yang pengen gue ketik buat laporan akhir skripsi dan ajaibnya waktu 2 hari itu gue bisa nyelesain 4 bab laporan sekaligus beserta jurnal yang pastinya semua jauh dari kata layak buat semhas dan sidang.

Jumat, 5 Januari akhirnya gue memberanikan diri lagi ke dosbing buat konsul laporan skripsi yang udah gue selesain, tapi tunggu ... ini kan udah hari terakhir pendaftaran semhas-sidang, belum print, belum jilid dan segala macam hal lainnya yang harus diurus untuk daftar semhas-sidang emang masih sempet ? Alhamdulillah ternyata pendaftaran semhas sidang di undur hinggal hari Senin, 9 Januari. Disini gue memaksimalkan waktu gue untuk menunjukan laporan ke dosbing 1 dan 2,  alhamdulillah dipermudah jadi langsung di acc di dosbing 1 tapi gue engga bisa ketemu dosbing 2 dan akhirnya gue minta izin online, lewat chat, haha. Beliau akhirnya setuju juga tapi dengan kalimat terakhir “karena ini belum saya lihat jadi nanti pas sidang nilainya benar-benar menyesuaikan dengan isinya”. Disitu gue galau, laporan yang dikebut 2 hari dan jauh dari kata layak, gimana nanti nilainya ? Akhirnya setelah gue urus semuanya gue bisa daftar semhas dan sidang, jadwal semhas pun keluar yaitu Rabu, 10 Januari 2018. 

Disini gue galau lagi, wkwk. Tau kenapa .... ? Jadwalnya barengan sama jadwal gue buat paspor. Kenapa gue buat paspor ? Karena gue mau ke luar negeri tanggal 23 Januari. Kenapa mau ke luar negeri ? Ini nanti aja dicertain di postingan lainnya. Balik lagi ke jadwal semhas yang barengan dengan jadwal buat paspor, untungnya semhas gue dapet jadwal sore, jam 15:00 dan gue dapet jadwal wawancara di imigrasi jam 9.30 Pagi. Perjalanan dari kos gue ke imigrasi malang sekitar 30-45 menit. Gue sudah datang tepat waktu ke imigrasi, tapi tau tidak ? Jam 12:00 gue belum dipanggil juga buat wawancara, baterai hp mau habis, gak bawa charger , gimana pesan ojek onlinenya nanti ? Akhirnya gue minta tolong ke temen gue yang paling pengertian sebut saja Joni, haha. Alhamdulillah dia mau nolongin gue yaitu nyamperin gue ke imigrasi dan tau tidak gue selesai jam berapa ? 14:00 udah gitu hujan, dan gue lupa belum print jurnal buat nanti dibagiin ke peserta semhas, jadilah gue ngerepotin temen gue lagi minta printin jurnal buat semhas gue dan gue pulang duluan naik ojek online (hp gue gak jadi mati karena pinjem charger temen). Sampai di kos udah 14:30, 30 menit lagi semhasi dimulai, gue belum mandi dan siap” hal lainnya, belum latihan presentasi, belum liat slide presentasi lagi setelah selesai gue buat jam 02:00 dini hari :( . Akhirnya gue berangkat dari kos dengan dijemput temen gue yang tadinya gue titipin buat print-in jurnal gue. Terbaik emang dia (semoga nanti saat semhas-sidang mu diperlancar, haha. :).

Sampailah gue di kampus jam 14:50, akhirnya waktu semhas pun tiba, gue masuk bareng 2 kakak tingkat yang barenga sama gue semhasnya. Sewaktu jadwal semhas keluar, otomatis keluar juga nama dosen fasilitatornya, tau siapa dosen fasilitatornya ? Ternyata dosen fasilitatornya adalah Pak A yang sebelum menwarkan topik skripsi tapi tidak jadi gue ambil. Jadilah muncul perasaan tidak enak. Udah gitu kata kakak tingkat Bapaknya itu jadi fasilitator semhas sudah seperti penguji seidang, dalam hati gue udah “wah gimana ya, gue belum latihan presentasi, jurnal belum di cek dosbing, dapet nilai jelek kayaknya nih”. Tapi alhamdulillah waktu gue selesai presentasi beliau tidak berkomentar apa-apa hanya bilang “Ok sudah bagus” (karena waktunya sudah lewat 15 menit dan presentasi gue belum selesai sehingga di stop di tengah jalan) .... :(. Disini gue gak tau harus berekspresi gimana, dalam hati bilang ‘wah bakalan jelek ini nilainya, yasudahlah pasrah aja’. Akhirnya bapaknya keluar ruangan dan temen-temen gue ngasih selamat ke gue, gue ya senyum-senyum aja dikasih selamat, tapi dalem hati masih mikirin hal tadi.

Tak berselang lama, jadwal sidang pun keluar, hari-h sidang pun datang, hari ini engga mau gue sia-sia in, gue udah persiapin semuanya matang-matang, mulai dari slide, jurnal yang udah gue perbaikin beserta laporan skripsnya. Gue dateng ke ruang sidang pagi-pagi, masih sepi cuma gue doang. Entah disini gue gak ngerasa apa-apa, mungkin karena gue udah pasrah, haha. Akhirnya waktu sidang pun datang dan semua dosen sudang lengkap, dosbing dan dosen penguji. Gue pun memulai presentasi dan alhamdulillah selesai dengan lancar dan tanpa melebihi batas waktunya. Sesi tanya jawab pun dimulai, dosen penguji 1 sebut saja Pak H menannyakan terkait laporan dan ternyata benar aja, banyak banget hal yang masih belum benar dari segi penulisan, disitu gue hanya bisa bilang “maaf pak itu memang kesalahan saya yang kurang teliti dan akan saya perbaiki” sampai-sampai bapaknya bilang “sudah jawabannya hanya itu ? tidak ada sanggahan ?” :). Gue jawab iya, karena emang itu salah, akhirnya Pak H selesai untuk bertanya dan gantian dengan dosen penguji 2 sebut saja Pak W yang kebetulan juga dosen ini yang gue sebut sebelumnya yaitu yang gue batalin pra proposalnya :( . Bener-bener deh, selalu beretemu dengan kebetulan yang sebenernya gak mau gue temuin. Pak W lebih bertanya hal teknis, jadi gue bisa jawab karena gue udh bener-bener mempersiapkan hal itu, sampai-sampai gue berdebat dan dibantu sama dosbing 1 supaya tidak terlalu lama, hhe. 

Akhirnya sesi tanya jawab pun selesai, gue disuruh keluar ruang sidang. Dari pengalaman gue, dulu gue sering nungguin orang sidang, ya emang begitu, biasanya temen-temen dari orang yang sidang nungguin mereka di depan ruang sidang buat ngasih semangat ke mereka, biasanya sih rame. Tapi pas gue keluar ternyata sepi .. haha, tapi gue gak sedih kok :). Untungnya pas gue liat-liat sekitar ternyata ada 1 orang yang dateng, makasih ya Ayu udah dateng dan nannyain gimana sidangnya :). Sekitar 5 menit gue nunggu diluar dan akhirnya dipanggil lagi ke dalam mendengar keputusan ketua majelis sidang yaitu dosen penguji 1 bagaimana hasil sidang gue. Alhamdulillah gue dinyatakan lulus dengan revisi :(. Gue sadar diri karena emang gue belum maksimal dalam segi pengerjaan laporan, disitu gue bersyukur banget bisa melalui tahap ini, dimana banyak sekali ujian dan cobaannya.

Alhamdulillah akhirnya pada tanggal 19 Januari gue resmi dinyatakan lulus :). Terima kasih buat semua temen-temen gue yang udah memberi semangat dan yang paling utama gue sangat berterima kasih kepada kedua orang tua gue yang selalu mendoakan anaknya ini, tanpa doa orang tua gue yakin gak akan datang keajaiban-keajaiban sehingga gue bisa menyelesaikan kuliah di semester 7 ini dan engga kalah penting terima kasih juga buat dosen pembimbing 1, 2, fasilitator semhas serta dosen penguji 1 dan 2.

1 comment:

  1. Makasih udah sharing kak, soalnya aku anak filkom juga hehe. sukses terus

    ReplyDelete

Instagram