[Curhat] Semester 3


Halo temen-temen blogger ... Kembali lagi dengan saya di blog yang tidak pasti dan tidak jelas kapan updatenya ini :v. Kali ini saya akan posting curhatan saya selama menjalani kuliah di semester 3 ini. Mulai dari pertama kalinya ambil 24 sks, ikut kelas lintas jurusan, pengalaman pertama jadi asisten praktikum, dsb, hha. Penasaran kan ?? Yaudah lanjut aja baca tulisan di bawah ya :D.

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, ternyata saya sudah menjalani kuliah selama 1 tahun dan kurang 2,5 tahun lagi InsyaAllah saya lulus (yaelah fan perjalanan masih panjang, hha :v). Seperti kebanyakan mahasiswa, awal semester itu waktu dimana masih semangat-semangatnya menjalani perkuliahan begitu juga dengan saya.

Pada semester ini saya memberanikan diri mencoba hal baru yaitu dengan menjadi asisten praktikum matakuliah Pemrograman Dasar dimana saya nantinya akan mengajari adek-adek maba ketika praktikum (ketemu dedek emesh :v). Alhamdulillah saya bisa lolos seleksi untuk menjadi asisten matakuliah ini sehingga dapet kesempatan buat berdiri di depan mahasiswa untuk sharing ilmu :). Pengalaman tersebut pastinya tidak saya sia-siakan, saat itu saya benar-benar belajar bagaimana berbicara yang baik dan benar di depan kelas, berusaha menyampaikan materi dengan bahasa yang di mengerti dan juga berusaha sabar semisal ketika saya sudah menjelaskan materi berulang-kali tapi dedek-dedeknya masih belum paham-paham, hha. Disini saya juga dapat teman baru, partner asisten buat mengajar di kelas yaitu Defanto panggilannya dede dari prodi yang berbeda. Walaupun ini pengalaman pertama kali, saya tetap berjuang melakukan yang terbaik sebisa saya (maafkan saya ya adek-adek kalo kadang ngajarnya gk jelas, kalian bukan kelinci percobaan kok, tapi mahasiswa percobaan, wkwk).

Hal baru selanjutnya ada mencoba ambil sks maksimal yaitu 24 sks, selain itu saya juga mencoba ikut kelas lintas jurusan. Saya memilih kelas Sistem Informasi karena tau sendiri lah di Prodi saya minim sekali perempuannya (Prodi Teknik Komputer), wkwk. Sebenernya itu bukan tujuan utama saya sih, itu hanya tujuan awal aja (lah terus apa bedanya ? hha). Tujuan saya yang sebenarnya itu supaya saya dapat kenalan atau teman dari beda prodi, biar kenalnya bukan hanya sama temen-temen se-prodi aja. Nanti akan dibahas sekalian ketika bahasa matakuliah aja ya. Yaudah langsung aja kita bahas tentang matakuliah.

Semester 3 ini saya mengambil 7 matakuliah yang total sksnya 24, diantaranya ada Arsitektur dan Organisasi Komputer, Elektronika, Interaksi Manusia & Komputer, Jaringan Komputer, Pendidikan Agama Islam, Sistem Mikroprosesor dan Sistem Operasi.

Langsung aja ngebahas matakuliah yang pertama yaitu Arsitektur dan Organisasi Komputer. Matakuliah yang cukup greget, selain dari materinya yang isinya hafalan semua dan juga dosennya yang super greget, hha. Pada matakuliah ini materi yang dibahas mencakup dua hal saja (dua hal yang beranak pinak menjadi banyak, wkwk). Pertama arsitektur komputer dan kedua organisasi komputer. Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang berhubungan dengan programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi program, contohnya : set instruksi, aritmetika, teknik pengalamatan ,dsb. Sedangkan Organisasi komputer mempelajari bagian terkait unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, contohnya : teknologi hardware, memori, sinyal-sinyal kontrol, dsb.  Sebelumnya saya bilang matakuliah ini greget karena hafalan ya ? Betul banget, saya tipe orang yang sulit menghafal dan lebih suka yang berhubungan dengan logika atau hitung-hitungan jadi di matakuliah ini saya harus berjuang lebih keras. Selain itu cara mengajar dosennya juga greget. Datang ke kelas, mulai presentasi dengan slide yang berjumlah lebih dari 30, dan hanya sekitar 5-10 slide saja yang di jelasin setelah itu perkuliahan di akhiri, hha. Awal-awal saya bener-bener tidak paham sama sekali dengan materinya dan juga dengan dosennya.Pada akhirnya pun saya masih belum paham betul sama matakuliah ini, wkwk. Tetapi di matakuliah ini saya dapat pelajaran berharga (sok bijak :v) dimana mahasiswa itu bukan lagi seperti anak SMA yang hanya mengandalkan materi dari gurunya saja, zaman sekarang teknologi sudah canggih sehingga kita bisa belajar sendiri melalui internet, selain itu sudah banyak PDF-PDF yang tersedia secara online, alternatif lain yaitu belajar sama temen (plot twist : temennya juga gk paham, malah galau bareng bukan belajar bareng). Jadi ....kalau ketemu dosen seperti itu saya ucapkan .... selamat berjuang kawan ...., wkwk. Pada akhirnya saya hanya bisa pasrah dengan nilai akhirnya yang mana cukup PHP. Awalnya saya sangat kaget ketika melihat nilai akhirnya yang saya dapat itu A, ternyata dosennya salah masukin prosentasi nilainya setelah di perbaiki nilainya jadi B+. Sedih :( ....

Selanjutnya Elektronika, entah kenapa sepertinya saya agak bermusuhan sama matakuliah yang berbau elektro, semester sebelumnya itu semester 1 ada Sinyal dan Rangkaian nilai uts saya hanya dapat 68. Sebenernya saya senang sama matakuliah tersebut, hitung-hitungan, logika, tetapi kenapa nilai UTSnya kena blacklist (dibawah 70), seinget saya itu nilai saya 50, wkwk. Tetapi untung bapaknya baik, ada semacam perbaikan nilai gitu. Saya lupa jadi berapa nilainya, hha. Di matakuliah ini materi yang dipelajari itu seputar komponen elektronika dasar seperti BJT, FET, MOSFET, dsb. Belajar teori dasar hingga hitung-hitungan. Nah yang uniknya lagi, saya dapet dosen yang masih muda dan ngefans sama JKT48, hha. Dosennya asik dan kalau ngasih feedback nilai kuis, tugas, uts itu cepet, selain itu juga langsung dibahas kalau masih banyak yang belum paham, Mirip Pak Aswin lah. Nah setelah saya tau nilai UTS saya jelek, saya pun berusaha supaya UAS saya bagus, jadi saya bener-bener serius belajar dan pada akhirnya Alhamdulillah nilai UAS saya 86 dan nilai akhirnya A. Terima kasih pak Rizal, mungkin kalo tidak ada perbaikan nilai UTS saya tidak mungkin dapet A, hha.

Matakuliah ketiga yaitu Interaksi Manusia & Komputer, matakuliah ini lumayan menyenangkan dan tidak terlalu rumit. Disini kita belajar tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer dengan memperhatikan hal-hal terkait desain UI dan UX. Di matakuliah ini terdapat projek akhir dimana setiak mahasiswa diwajibkan membuat suatu aplikasi atau alat (hadware) yang benar-benar memperhatikan desain dari segi UI dan UX nya supaya nanti user dapat dengan mudah menggunakan aplikasi atau alat tersebut. Dosen matakuliah ini merupakan dosen pendamping akademik saya. Menurut saya cara mengajar beliau sangat sistematis dan jelas, sehingga saya mudah memahami materi yang beliau sampaikan. Nah untuk projek akhir matakuliah ini ada kisah tersendiri. Kelompok saya beranggotakan temen-temen dari semester satu yang kebetulan sekelas di matakuliah ini. Nah saya dan temen-temen cukup santai di awal-awal dan tidak segera mengerjakan projek akhir matakuliah ini, alhasil kami mengerjakannya mepet-mepet, bahkan kami mengirimkan laporan projek akhirnya sangat mepet dengan deadlinenya, yaitu 5 menit sebelum deadline. Syukur koneksi internet tidak bermasalah ketika proses penguploadan, haha. Untuk temen-temen tolong jangan ditiru ya. Alhamdulillah nilai di matakuliah ini bagus-bagus, untuk projek akhirnya kami mendapatkan nilai 84 dengan projek akhir membuat prototipe mobile apps SIAM (Sistem Informasi Akademik) Universitas Brawijaya dan alhamdulillah nilai akhirnya juga bisa dapet A :).

Selanjutnya adalah matakuliah jaringan komputer. Nah matakuliah ini merupakan matakuliah favorit saya. Mungkin karena asal saya dari SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, jadi saya cukup memahami dan punya sedikit dasarnya. Selain itu dosen matakuliah jaringan komputer ini sangat asik dan menantang, hha. Begitulah kesan pertama yang beliau berikan. Setiap masuk di kelas pasti beliau langsung menunjuk dengan acak salah satu mahasiswa di kelas untuk menjawab pertanyaan yang beliau berikan. Pertanyaannya itu terkait materi yang akan disampaikan pada hari itu. Tentunya beliau sudah memberikan bocoran di minggu sebelumnya materi apa yang akan disampaikannya pada pertemuan berikutnya, sehingga diharapkan setiap mahasiswa setidaknya sudah mempelajarinya terlebih dahulu. Nah yang lebih menantangnya lagi kalau mahasiswa tersebut tidak bisa jawab nantinya akan mendapat hukuman yang disepakati oleh satu kelas. Pernah kelah lain sepakat hukumannya itu disuruh membaca ayat kursi, hha. Kalo kelas saya pernah satu kali tapi hanya sebatas menyanyi saja, wkwk. Selain itu juga di matakuliah ini sebenarnya untuk jurusan saya wajibnya mengambil di semester 4, tapi saya memberanikan diri mencoba mengambilnya di semester 3 dan ikut kelas lintas jurusan yaitu kelas Sistem Informasi. Awalnya saya berharap banyak perempuannya, wkwk. Tapi apadaya takdir berkata lain, perempuannya tidak sampai 10 orang, haha. Oiya sampai lupa, di matakuliah ini mempelajari dasar-dasar jaringan komputer dan beberapa layer pada OSI layer. Alhamdulillah untuk UTS dan UASnya bisa saya lalui dengan lancar sehingga bisa mendapat nilai akhir A :).

Kelima itu matakuliah Pendidikan Agama Islam, yang selalu saya ingat dari matakuliah ini, dosennya itu pasti tepat waktu, sangking tepat waktunya pasti beliau hadir 5-10 menit sebelum perkuliahan dimulai, salut deh sama bapaknya (y). Pastinya di matakuliah ini dipelajari dasar-dasar Pendidikan Agama Islam sampai ke konsep politik menurut islam. Selain itu beliau juga sering bercerita mulai dari pengetahuan-pengetahuan umum sampai yang tidak umum, wkwk. Kadang bapaknya juga cerita mitos-mitos jawa, konsipirasi, dsb. Sampai pada saat ujian esai terdapat soal yang menannyakan apa itu kol buntet, terus ada nama (astronot) saya lupa, dan lain lain. Disitu saya lupa bapaknya pernah cerita hal tersebut, dan akhirnya saya jawab semuanya adalah makhluk mitos di tanah jawa, wkwkw. Padahal ada nama astronot tuh :v. Tapi alhamdulillah bapaknya baik, kata beliau asalkan masuk kelas terus dan mengerjakan tugas InsyaAllah dapet nilai bagus. Alhamdulillah bapaknya menepati janjinya, saya dapet nilai A :).

Keenam ada Sistem Mikroprosesor, matakuliah ini cukup berat karena ada terdapat projek akhir dan praktikumnya, selain itu matakuliah ini juga berbau elektronika, wkwk. Pada tulisan sebelumnya saya pernah bercerita kalau saya sepertinya agak bermusuhan sama yang namanya elektro (sepertinya salah masuk jurusan, hha). Jadi ya saya merasa harus berjuang lebih keras di matakuliah ini. Pada matakuliah ini fokus mempelajari sistem mikroprosesor berbasis AT89S51 yang pada akhirnya setiap mahasiswa wajib membuat sebuah alat dari mikrokontroler tersebut. Kebetulan lagi kelompok saya beranggotakan temen-temen semester 1 dan juga ngerjain projeknya di waktu-waktu akhir, haha. Alhasil kami sampai begadang di kontrakan salah satu anggota kelompok dan mengerjakan projek tersebut sampai jam 5 pagi, wkwk. Tapi Alahmdulillah, usaha keras itu tidak akan mengkhianati, kelompok kami mendapatkan nilai projek 85, dan Alhamdulillah juga nilai akhir saya A :).

Matakuliah terakhir di semester ini yaitu Sistem Operasi, menurut saya matakuliah ini juga cukup berat karena isinya hafalan –a ... Saya begitu lemah dengan yang namanya hafalan .. Pada matakuliah ini mempelajari dasar-dasar sistem operasi seperti proses, thread, sinkronisasi, penjadwalan, dll. Dimana saya cukup sulit untuk memahami itu semua. Selain itu juga materi kelas dan praktikum itu agak berbeda juga, jadi pas praktikum tidak bisa sekalian belajar buat materi yang di kelas juga. Alhasil nilai UTS saya jelek dan nilai UAS saya lebih jelek, wkwk. Nilai UASnya bisa disebut nomor punggung pemain sepak bola, dimana nilainya itu nomor-nomor kecil, wkwkw. Saya malu menyebutkannya :v. Tapi alhamdulillah nilai akhir itu masih ditunjang dengan nilai-nilai tugas dan kuis sehingga masih bisa mendapatkan nilai B+, Alhamdulillah.

Mungkin segitu dulu aja untuk semester ini, terma kasih sudah mampir di blog ini :D

No comments:

Post a Comment

Instagram