Bicara tentang progammer mungkin temen-temen ada yang berfikiran programmer itu kerjaannya memusingkan, buat stress, dll. Apalagi kalo kode yang ditulis error atau ada kesalahan dalam penulisan kode, pastinya tambah stress kayak ilustrasi di atas tuh. Matanya sampe gede begitu, hha. Tapi tenang aja. Kalo temen-temen mengikuti alur dalam pembuatan sebuah program InsyaAllah temen-temen gk bakalan tersesat dan tak tau arah jalan pulang dan menjadi butiran debu, hha.
Intinya dalam pembuatan sebuah program itu tentukan dulu definisi masalahnya, buat model penyelesaiannya, tulis algoritmanya, dan barulah menulskan kodenya pada program yang temen-temen inginkan misalnya saya disini menggunakan program java. Tapi tidak terhenti sampai disitu kemungkinan kita akan menemukan error, dll. Jadi ya mesti sabar aja ya, hha.
Oke ... Daripada lama-lama. Sesuai janji, saya akan share kode java dari 4 soal yang algoritmanya sudah saya share di post sebelumnya disini. Silahkan di perhatikan dengan baik-baik ya temen-temen. Mudah-mudahan temen-temen bisa dengan mudah memahami kode rumit yang saya buat ini :D.
Oke yang pertama itu kode untuk menghitung luas persegi panjang
import java.util.Scanner; public class LuasPersegiPanjang { public static void main(String[] args) { Scanner input = new Scanner(System.in); double panjang, lebar, luas; System.out.print("Masukan Panjang = "); panjang = input.nextDouble(); System.out.print("Masukan Lebar = "); lebar = input.nextDouble(); luas = panjang*lebar; System.out.println("Luas = "+luas); } }
Oke penjelasannya sebagai berikut
- Tipe data yang kita gunakan adalah double, agar jika angka yang kita masukan bilangan dengan koma hasilnya pun tetap koma tidak seperti data interger yang merupakan data untuk bilangan bulat
- Mungkin teman-teman bertanya-tanya tentang kode import java.util.Scanner; kode tersebut berguna untuk mengambil fungsi scanner pada java yang mana scanner merupakan tipe data reference.
- Selanjutnya kode Scanner input = new Scanner(System.in); kode tersebut merupakan pendeklarasian variable Scanner (variabel nya adalah "input" jika ingin diganti kata lain tidak apa-apa)
- Terakhir kode panjang = input.nextDouble(); dan lebar = input.nextDouble(); kode tersebut bertujuan untuk menyimpan variabel panjang dan lebar yang kita masukan dan akan di proses pada perhitungan matematika yang kodenya adalah luas = lebar*panjang;
Untuk Screenshootnya bisa temen-temen lihat dibawah ini :
Screenshoot Kode Pada NetBeans
Screenshoot Pada Saat File Java Kita Run, Pada Kotak Output Di Bawah Terlihat Tulisan Supaya Kita Memasukan Panjang dan Lebar Setelah Itu Luas Akan Otomatis Terhitung dan Muncul
Selanjutnya kode dari soal yang kedua yaitu mengkonversikan jam dan menit ke dalam detik, kodenya bisa dilihat dibawah ini
import java.util.Scanner; public class KonversiJamMenitKeDetik { public static void main(String[] args) { Scanner input = new Scanner(System.in); double jam, menit, detik; System.out.print("Masukan Jam = "); jam = input.nextDouble(); System.out.print("Masukan Menit = "); menit = input.nextDouble(); detik = (jam*3600) + (menit*60); System.out.println("Total Detik = "+detik); } }Untuk penjelasan kodenya kurang lebih sama seperti yang menghitung luas persegi panjang. Jadi tidak saya ulang lagi ya teman-teman :). Langsung ke screenshootnya saja ya.
Screenshoot Kode Pada NetBeans
Screenshoot Pada Saat File Java Kita Run, Pada Kotak Output Di Bawah Terlihat Tulisan Supaya Kita Memasukan Jam dan Menit Setelah Itu Total Detik Akan Otomatis Terhitung dan Muncul
Selanjutnya kode dari soal yang ketiga yaitu menghitung luas lingkaran, kodenya bisa dilihat dibawah ini
import java.util.Scanner; public class LuasLingkaran { public static void main(String[] args) { Scanner input = new Scanner(System.in); double phi = 3.14; double r, luas; System.out.print("Masukan Jari-Jari = "); r = input.nextDouble(); luas = phi*r*r; System.out.println("Luas Lingkaran = "+luas); } }Pada kode tersebut phi langsung saya deklarasikan dan inisialisasikan dengan nilai 3.14. Penjelasan kode-kodenya pun masih relatif sama dengan kode-kode yang ada diatas. Jadi saya langsung tampilkan screenshoot pada netbeansnya saja.
Screenshoot Kode Pada NetBeans
Screenshoot Pada Saat File Java Kita Run, Pada Kotak Output Di Bawah Terlihat Tulisan Supaya Kita Memasukan Nilai Jari-Jari Setelah Itu Luas Lingkaran Akan Otomatis Terhitung dan Muncul
Nah ... Yang terakhir nih agak ribet, hha .. Coba dipahami pelan-pelan ya temen-temen kodenya :). Disini sebenarnya banyak metode yang dapat digunakan. Nah kalo saya menggunakan metode if else. Untuk kodenya bisa dilihat dibawah ini
import java.util.*; public class ProgramTigaAngka { public static void main (String[] args) { Scanner masukan = new Scanner(System.in); double a, b, c, terbesar, terkecil, rata_rata; System.out.print("Masukan A :"); a = masukan.nextDouble(); System.out.print("Masukan B :"); b = masukan.nextDouble(); System.out.print("Masukan C :"); c = masukan.nextDouble(); rata_rata = (a+b+c)/3; if (a>b && a>c){ if (b>c) System.out.println("A terbesar dan C terkecil"); else System.out.println("A terbesar dan B terkecil"); } else if (a>b && a<c){ System.out.println("C terbesar dan B terkecil"); } else if (a<b && a>c){ System.out.println("B terbesar dan C terkecil"); } else if (b>c){ System.out.println("B terbesar dan A terkecil"); }else{ System.out.println("C terbesar dan A terkecil"); } System.out.println("Rata Rata = " +rata_rata); } }
Ya .. kira-kira seperti itu kode untukpenggunaan if else dari algoritma yang saya buat di post sebelumnya. Untuk Screenshootnya bisa dilihat dibawah ini
Screenshoot Kode Pada NetBeans
Screenshoot Pada Saat File Java Kita Run, Pada Kotak Output Di Bawah Terlihat Tulisan Supaya Kita Memasukan Nilai A, B, dan C Setelah Itu Program Akan Menentukan Mana Nilai Terbesar, Terkecil Dan Rata-Rata Dari Bilangan Yang Kita Sudah Masukan
Oke cukup lelah menulis postingan ini, hha. Mungkin segitu dulu ya temen-temen. Kalau ada yang mau di tanyakan atau kurang jelas bisa tanya melalui kolom komentar dibawah. Mudah-mudahan bermanfaat ya .. :)
Malang, 30 September 2014
No comments:
Post a Comment